MANFAAT TANAMAN KLEMBAK

Manfaat  Tanaman Klembak
=======================








Klembak adalah jenis sayuran yang termasuk juga tanaman iang bisa obat seperti Obat Titan Gel. Sangat terkenal sebagai tanaman herbal baik di Indonesia maupun di China. Kalau di Yogyakarta, malah akar dan batang dari tanaman ini digunakan untuk membuat rokok. Sedangkan pusat budidaya Klembak di Indonesia terletak di Dataran Tinggi Dieng. Memang tanaman sayuran herbal ini tumbuhnya di daerah dingin. Maka tak heran bila sayuran ini terkesan begitu segar penampakkannya, sebagaimana sayur dataran tinggi lain.

Klembak biasa disebut pula Kelembak sedangkan di China disebut Yao Yong Da Huang. Sayuran ini memang begitu ampuhnya sebagai obat. Nah, apa sajakah manfaat sayur ini sebenarnya? Disebutkan di banyak literatur bahwa ternyata manfaatnya adalah untuk mengatasi sembelit dan bisa mencegah penggumpalan darah. Dengan memakan sayuran kaya serat ini, saluran cerna anda akan berjalan lancar. Silahkan disimak saja berbagai penjelasan tentang manfaat klembak untuk kesehatan di bawah ini:



1. Mencegah Pendarahan

Klembak bisa digunakan untuk mencegah pendarahan. Sayuran ini memang baik sekali untuk mempengaruhi laju endap darah. Bila anda sedang mengalami luka pendarahan serius bisa mencoba khasiat sayuran ini. Silahkan saja anda masak sayur ini menjadi tumisan.
2. Mengatasi Infeksi Bernanah

Manfaat klembak juga dipercaya bisa mengatasi infeksi bernanah. Pada dasarnya nanah kan merupakan suatu indikasi telah terjadi infeksi yang serius. Dengan sayuran ini, maka tubuh anda pun takkan kena infeksi lagi. Sembuh secara perlahan.
3. Menyembuhkan Sembelit

Khasiat Klembak diyakini bisa menyembuhkan sembelit. Sayuran ini begitu baik dalam melancarkan pencernaan. Sehingga anda pun bebas dari sembelit. Tak kena lagi sembelit yang merepotkan itu. Yang sering bikin kita jadi kembung dan sengsara tiap hari.
4. Mengobati Masuk Angin

Manfaat Klembak juga bagus untuk mengobati masuk angin. Sayuran ini diyakini akan obati sakit masuk angin secara normal. Di mana anda bakal mengeluarkan angin melalui sendawa atau kentut. Silahkan dicoba betapa sayuran khas dataran tinggi ini bisa diandalkan.
5. Menangani Hepatitis B

Klembak juga diyakini bisa menangani penyakit Hepatitis B. Sudah ada penelitian ilmiah yang mengonfirmasi manfaat ini. Nah, bila anda atau kerabat anda ada yang kena hepatitis B, bisa disarankan terapi herbal dengan tanaman sayur ini.
6. Mencegah Penggumpalan Darah di Otak

Klembak juga diyakini bisa mencegah penggumpulan darah di otak. Manfaat sayuran ini bisa mengurangi radang otak dan radang di bagian tubuh lainnya juga. Dengan sayuran ini, tubuh bebas dari radang dan penggumpalan darah otak yang mematikan itu.
7. Mengandung Vitamin A

Tentu saja kandugan vitamin A di dalam sayuran klembak begitu melimpah. Manfaat sayuran ini yang mengandung vitamin A terlihat pada warna sayuran yang merah. Merupakan indikasi dari melimpahnya Beta Karoten di dalam sayuran ini. Yang mana beta karoten merupakan salah satu komponen vitamin A.
8. Kaya dengan Vitamin C

Vitamin C di dalam manfaat Klembak baik untuk memperbaiki sistem imun. Selain itu Vit C juga diyakini bisa menjadi antioksidan yang melancarkan metabolisme energi.
9. Mengobati Pusing dan Sakit Kepala

Manfaat Klembak juga baik untuk mengobati pusing dan sakit kepala. Bahkan beberapa orang meyakini sayuran ini begitu cepatnya dalam mengobati nyeri kepala.
10. Menghilangkan Lemak di Tubuh

Kandungan lemak baik HDL di dalam sayuran Klembak juga diyakini akan bisa hilangkan lemak jahat LDL yang mengendap di tubuh.

Komentar